Tips mengecek CDI sepeda motor

29 November 2011



Kerusakan pada CDI tidak bisa dilihat dengan mata telanjang, harus diukur pake Avometer.
Caranya :
1. Setel avometer pada sinus 200 Volt.
2. Kabel merah avometer dihubungkan ke kabel CDI yang menuju koil.
3. Kabel hitam avometer dihubungkan ke massa/bodi.
4. Nyalakan motor/starter motor dengan kick starter, lalu lihat di avometer apakah ada arus/setrum yang keluar atau tidak ?


5. Bila tidak ada maka CDI rusak, dengan catatan arus dari sepul dan pulser ada yang mengalir ke CDI. Jadi sebelumnya cek dulu arus tersebut, caranya sama seperti di atas, hanya saja kabel merah avometer dihubungkan ke kabel sepul yang menuju CDI.
6. Kalau nggak ada avometer, coba aja kabel dari CDI yang menuju koil di sambungkan ke body besi motor, terus starter. Kalau ada percikan api berarti CDI masih bisa dipake, kalau nggak ada percikan api berarti CDI rusak, dengan catatan arus/setrum dari sepul dan pulser ada yang mengalir ke CDI.
Continue Reading | komentar

Tips bongkar Pasang Transmisi Manual Dan Sistem Pengoperasiannya

28 November 2011

 
a.  Tujuan Kegiatan Belajar 3
Setelah menyelesaikan kegiatan belajar ini, diharapkan siswa dapat:
1)  Membongkar dan memasang transmisi manual dan sistem pengoperasiannya.
2)  Menguji kinerja transmisi manual dan sistem pengoperasian-nya.
3)  Bekerja menggunakan SOP dan keselamatan kerja dengan benar.


a.  Uraian Materi 3

Pada kegiatan belajar ini akan membahas proses pembongkar-an transmisi dari kendaraan dan proses pemasangan kembali. Proses ini standardnya hanya memerlukan waktu 1 jam, sementara untuk latihan diberi toleransi waktu ½ jam atau seluruhnya menjadi 1½ jam. Prosedur yang perlu dilakukan secara berurutan akan dibahas berikut ini.

1). Langkah Persiapan

Sebelum melakukan proses pembongkaran, perlu dipersiapkan alat dan perlengkapan yang diperlukan. Hal ini agar waktu yang diperlukan tidak hilang karena harus mencari alat atau perlengkapan.

Alat dan perlengkapan yang diperlukan adalah:

a)           Dongkrak mobil dan  penyangga/jack stand

b)           Dongkrak transmisi seperti gambar 15  berikut ini.

Dongkrak ini jenis hidrolis, namun ada juga yang meng-gunakan ulir. Alat ini menjadi sangat penting dalam pembongkaran maupun pemasangan transmisi. Sebab posisi dan masa transmisi akan menyulitkan proses pemasangan ataupun pembongkaran. Disamping itu keselamatan pekerja akan sangat bebahaya tanpa dongkrak ini, dan juga ketepatan pemasangan transmisinya.
Mobil kijang sebagai bahan pelatihan.
a)  Kotak alat yang berisikan kunci yang diperlukan
b)  Lampu kerja untuk penerangan mengingat posisi transmisi yangcenderung dibawah kendaraan.
c)  Pompa pengisi minyak pelumas transmisi dan minyak pelumasnya.
d)  Bak penampung minyak pelumas yang lama.
e)  Vet gravit dan kain lap/majun.

f)  Lepaskan motor starter, yaitu lepas kabel-kabelnya dan baut pengikatnya.
g)  Keluarkan minyak pelumas transmisi, dengan membuka baut tap, dan siapkan bak penampung minyak pelumas. Sesudah habis, pasang kembali baut tap dan singkirkan bak penampung minyak pelumas, jangan sampai tumpah. Kalau tumpah bersihkan dulu.
h)  Lepaskan sambungan keporos propeller, supaya saat pemasangan tidak keliru beri tanda sebelum dilepas. Seperti terlihat pada gambar 16.
i)  Lepaskan kabel speedometer dan kabel lampu mundur dari terminalnya.
j)  Lepaskan kabel kopling dari tuas pembebasnya. Lihat gambar 17.
k)  Lepaskan pegangan dan klem knalpot yang berhubungan dengan transmisi. 
l)  Pasang dongkrak transmisi dengan baik, bila perlu ikat dengan baut atau rantai yang tersedia. Hal ini untuk menghindari transmisi jatuh saat baut pengikatnya dilepas. Perhatikan gambar 20 berikut
 m)  Lepaskan mounting transmisi.
n)   Kendorkan baut pengikat rumah transmisi. Perhatikan apakah transmisi tetap pada posisi datar atau tidak, bila miring seperti gambar 20, maka naikkan dongkraknya.
o)     Bila transmisi sudah posisi datar dengan benar, maka lepaskan baut pengikat transmisi. Sekali lagi perhatikan posisi datar transsmisi.
p)     Tarik transmisi kearah belakang mobil, sampai ujung poros pirmer transmisi lepas, dan selanjutnya turunkan pelan2 dongkrak transmisi sampai diperkirakan saat ditarik keluar dari bawah mobil tidak menyangkut.
q)   Turunkan transmisi dari dongkrak.
 
 

Pemeriksaan Transmisi

a)  Periksa kebocoran minyak pelumas pada seal poros input transmisi. Bila terdapat tanda-tanda kebocoran ganti seal-nya. Bocoran minyak ini disamping menyebabkan ber-kurangnya kuantitas minyak pelumas ditransmisi, juga bila kena plat kopling menyebabkan koling jadi slip.
b)  Pemeriksaan kebocoran minyak pelumas juga pada seal poros engkol.
c)  Pemeriksaan sambungan kabel kopling dari keausan, dan kemacetan.
d)  Pemeriksaan bantalan jalan, dengan memutarnya apakah masih lancar atau sudah rusak. Bila rusak ganti yang baru.

Petunjuk Pemasangan:
a)  Lumasi menggunakan vet grafit atau vet yang tahan panas pada bantalan pilt pada fly wheel, alur bos penghantar bantalan tekan, dan alur poros transmisi. Perhatikan gambar 19. disamping itu juga pada ujung kabel kopling.
a)  Pasanglah/naikan transmisi pada dongkrak transmisi, seperti sebelumnya posisi transmisi harus datar, khusunya poros input transmisi. Dan transmisi ikat dengan baik pada dongkrak pada posisi pada saat terpasang.
b)  Masukan dongkrak dan transmisi kekolong bawah mobil.
c)  Naikan dongkrak hingga poros input tepat dengan bantalan pilot.
d)  Dorong transmisi pelan-pelan untuk menepatkan ujung poros input transmisi pada bantalan pilot  pada fly wheel. Setelah pas, dorong kembali hingga rumah transmisi duduk dengan mudah. Pada proses ini jangan sekali-kali dipaksa-kan dengan menekan pakai baut prngikat rumah transmisi.
e)  Pasang baut pengikat dan mounting transmisi. Keraskan sesuai dengan momen pengerasan pada buku manual.
f)   Pasang kembali motor starter beserta kabelnya.
g)  Pasang propeller shaft sesuai dengan tanda yang dibuat.
h)  Pasang kabel speedometer dan kabel mundur serta klem knalpot.
i)  Isi minyak pelumas transmisi.
j)  Pasang kabel kopling dan stel ketinggian dan kebebasan pedal kopling. Lihat gambar 22 berikut. Tinggi pedal = 150,8 mm, dan kebebasannya = 20-35 mm.
k)  Pasang handel pemindah gigi transmisi beserta karet penutupnya.
l)  Turunkan kendaraan dari jack stand.
m)   Hidupkan mobil, cobalah penyetelan kopling dan kerja transmisi.
n)  Bersihkan alat dan perlengkapan yang dipergunakan.

a.  Rangkuman 3
1)  Pembongkaran dan pemasangan unit transmisi kendaraan bila melalui prosedur yang benar dapat dilakukan dengan cepat yaitu dalam waktu 1 jam.
2)  Perhatian terhadap keselamatan kerja memungkinkan penyelesaian pekerjaan yang lebih efektif dan efisien. Keselamatan kerja meliputi keselamatan manusia yang bekerja dan keselamatan mobil yang dikerjakan. Untuk itu setiap langkah perlu mempertimbangkannya.
Proses pembongkaran berarti merupakan proses pemisahan transmisi dari sistem kendaraan secara keseluruhan. Maka.
1)  kaitannya dengan sistem yang lainnya.
2)  Penggunaan dongkrak transmisi dengan baik memungkin-kan pelepasan dan pemasangan  transmisi dapat dilakukan dengan mudah dan selamat.
3)  Pada proses pemasangan semua baut harus dikeraskan sesuai dengan momen pengerasan sesuai dengan spesifikasi yang tercantum dalam buku manual.
4)  Pada akhir pemasangan perlu ada pengecekan terhadap kenerja kendaraan khususnya dalam kaitannya dengan unit transmisi.

a.  Tugas 3
1)  Amati sistem transmisi dan komponen pengoperasiannya yang dipergunakan pada salah satu mobil yang ada di bengkel otomotif. Identifikasi alat dan perlengkapan yang diperlukan untuk proses pembongkaran dan pemasangan transmisi kendaraan tersebut, dan berapa lama perkiraan waktu yang diperlukan.
2)  Seorang pengemudi mengeluhkan pada saat mengoperasi-kan handel pemindah  gigi transmisi sering salah masuk gigi yang diharapkan. Apa analisis anda dan apa yang perlu anda lakkukan untuk mengatasi permasalahan pengemudi tersebut?

b.  Tes formatif 3
1)  Dalam kaitannya dengan proses perwatan transmisi manual, kapan transmisi diputuskan harus dibongkar dari kendaraan?
Mengapa sebelum proses pembongkaran transmisi manual kendaraan haarus ditumpukan pada jack stand dan berap.
1)  jumlah jack stand yang diperlukan? Identifikasi proses pemasangan jackstand!
2)  Mengapa baik pada saat pembongkaran maupun pada saat pemasangan transmisi harus pada posisi datar? Bagaimana cara yang perlu dilakukan untuk memposisikan transmisi tersebut?
3)  Apakah alasannya saat melepas propeller shaft perlu diberi tanda terlebih dahulu? Apakah akibatnya bila langkahh pemberian tanda tersebut tidak dilakukan?
4)  Apakah yang perlu dilakukan saat pemasangan transmisi manual selesai dilaakukan? Jelaskan satu persatu dan berikut caranya!
Continue Reading | komentar (2)

Tips Membongkar dan Merakit Alternator

25 November 2011


1. CARA PEMBONGKARAN
- Beri tanda pada host/bagian depan dan belakang supaya mudah pada saat perakitan kembali
- Lepas roda dan puli dengan alat yang sesuai
- Lepas baut pengikat bagian belakang dengan depan dan pisahkan unit bagian belakang dari unit bagian depan
- Rotor dilepas dengan cara di pres menggunakan alat khusus kemudian kontrol kelonggaran bantalan. bila aus lepas pengikat bantalan rotor dan lepas bantalan rotor dari host dengan pres.
- Lepas plat diode bagian belakang. lepas stator dari diode dengan menggunakan solder.
- Lepas rumah sikat-sikat dan mengukur panjangnya. bila terlalu pendek ganti dengan menggunakan solder, jaga gulungan stator jangan lecet.
- Pres bantalan pada rumah belakang ( beri oli supaya pengepresan mudah )
- Solder sikat arang pada rumahnya, jepit kabel sikat dengan tang lancip supaya panas mengalir ke tang kemudian pasang rumah sikat.

2. CARA PERAKITAN
- Solder gulungan stator dengan diode - diode sesuai rangkaian, kemudian masukan stator pada rumah belakang dan pasang pelat diode - diode. jaga gulungan stator dari benturan benda keras
- Kontrol isolasi pelat diode positif dengan lampu kontrol dan bersihkan sisa - sisa timah penyordelan.
- Pasang bantalan pada rotor dengan dipres menggunakan alat khusus ( beri oli supaya pengepresan mudah ). dan pasang bantalan dengan rotor pada rumah depan ( beri oli supaya pengepresan mudah )
- Tahan sikat - sikat dengan batang khusus ( kawat las ) supaya tidak patah supaya unit rumah depan dengan unit belakang di rakit.
- Rakit unit rumah depan dengan unit rumah belakang dengan posisi yang betul dan pasang baut pengikat rumah
- Pasang unit kipas, roda puli dan kencangkan baut pengikatnya dengan kunci yang sesuai.
- Langkah terakhir, kontrol kondisi mekanis alternator. tidak boleh ada suara berisik, macet atau longgar.selesai......

Continue Reading | komentar

Tips Menjaga Kenyamanan Pada Mobil

  • Shockbreaker : Peranti ini bertugas untuk meredam guncangan di saat mobil melaju dan melibas berbagai kondisi lintasan. Shockbreaker yang terbuat dari baja itu bertugas membantu pegas atau per untuk menopang bobot mobil berikut muatan yang diangkutnya. Komponen ini terbuat dari baja sehingga memiliki daya tahan dan kekuatan lebih. Namun shockbreaker akan aus seriring dengan waktu atau masa pemakaian serta penggunaan yang tidak tepat. Bila sering menahan guncangan dengan beban berlebihan, daya tahan shockbreaker akan berkurang dan lemah. Cara yang paling gampang untuk mengatasi hal ini adalah membeli shockbreaker satu set. Upayakan menghindari lintasan berlubang dengan diameter dan kedalaman yang bersar. Kebiasaan lain yang harus dihindari adalah, membawa muatan dengan berat yang berlebihan sesuai kapasitas mobil. Selain itu usahakan rajin membersihkan kotoran yang menempel di kisi-kisi karena akan mempercepat keausan piston shockreaker.
  • Bushing arm : Komponen ini berupa karet suspensi yang terletak di titik tumpu antara roda dan lengan pencengkeramnya. Bushing bertugas meredam getaran pada sambungan antar komponen suspensi dari logam tersebut. Bila mobil kerap melibas jalanan berlubang atau jalanan rusak, beban yang ditopang peranti ini juga makin berat. Bila hal itu terjadi secara terus menerus dan dalam waktu lama, maka bushing akan cepat aus.Kerusakkan pada bushing tidak hanya menyebabkan suara berisik tetapi juga mempengaruhi kenyamanan pengendalian mobil.
    Cara untuk mencegah kerusakkan peranti itu adalah, hindari jalanan berlubang atau melibasnya dengan kecepatan tinggi. Upayakan agar tidak membawa beban terlalu berat.
  • Tierod dan Balljoint : Tierod, end tierod dan balljoint dibuat dari bahan logam memiliki fungsi meneruskan gaya belok dari kemudi ke roda-roda. Sedangkan balljoint berguna untuk menopang knuckle arm. Bila peranti itu telah aus atau rusak akibat sebab-sebab lain, maka kenyamanan berkendara juga akan terganggu. Mobil sulit dikendalikan, bahkan bila dikendarai dalam kecepatan tinggi akan membahayakan karena kestabilan juga terganggu. Lantaran itulah, pastikan komponen tersebut masih dalam kondisi bagus. Anda bisa melakukan pengecekan kondisi komponen ini di rumah. Caranya, dongkrak roda bagian depan dan mintalah bantuan orang lain untuk menahan kemudi agar roda tidak bergerak, lalu goyang-goyang roda kea arah dalam dan keluar secara bergantian beberapa kali. Bila terasa oblak atau seperti ada guncangan tidak stabil berarti komponen tersebut bermasalah. Cara lainnya, dengan mengamati bentuk atau ciri fisik komponen itu. Ketiganya dibuat dari logam sehingga bila Anda menemukan bagian komponen itu tidak halus atau ada bekas gesekan antar bahan dari logam berarti telah rusak.Pencegahan agar komponen ini tidak cepat rusak adalah menghindari jalanan berlubang saat mobil melaju di kecepatan tinggi, hindari mengangkut beban berlebihan, serta membersihkan dari kotoran.
  • Lakukan spooring balancing : Selain melakukan pencegahan dan perawatan komponen suspensi, satu hal yang juga harus anda lakukan adalah melakukan spoooring balancing roda mobil.Fungsi spooring dan balancing adalah menjaga kestabilan roda mobil. Bila roda stabil dan seimbang di keempat bagian maka beban yang harus disangga oleh komponen suspensi juga seimbang dan sesuai dengan porsinya. Bila hal itu terjadi, maka kemungkinan komponen bermasalah juga kecil.
Continue Reading | komentar

Tips mengatasi gardan mobil supaya tidak cepat rusak

24 November 2011


Bagi kamu pemilik mobil berpenggerak roda belakang, atau pun 4WD. Gardan merupakan komponen yang vital, karena fungsinya menggerakkan roda.

Mobil dengan gerak roda belakang tentunya menggunakan gardan, lain halnya dengan gerak roda depan yang tidak memerlukan peranti itu. Bila gardan bermasalah atau rusak, dapat menyebabkan mobil tidak akan jalan.

Namun yang disayangkan, justru gardan kerap dianaktirikan. Maksudnya, komponen ini kerap dilupakan soal perawatannya.

Bila tidak sedang bermasalah, kebanyakan orang jarang melakukan pengecekan atau perawatan. Padahal tidak sulit merawat gardan.

“Cukup dengan rutin mengganti oli gardan setiap 10 ribu kilometer,”

Pada umumnya, penggantian oli gardan biasanya dilakukan bersamaan dengan penggantian oli transmisi, dan menggunakan nilai kekentalan pelumas sesuai yang dianjurkan produsen kendaraan.

Pada umumnya masalah pada gardan terjadi bila sudah terdengar bunyi dengung. Hal ini terjadi akibat oli gardan yang telah encer, atau bahkan telah berkurang secara signifikan.

Tentunya itu terjadi karena pemilik mobil jarang memerhatikan atau merawat gardan. Sekedar informasi harga oli gardan yang ada di pasaran adalah berkisar antara Rp 27-43 ribu. Mereknya pun bermacam-macam, seperti Rored yang keluaran Pertamina, Idemitsu, serta Elf.

untuk mobil yang pemakaiannya lebih sering di dalam kota, maka disarankan menggunakan oli yang speknya multigrade, dengan SAE75-90 atau 80W90.

Ini dikarenakan viskositas oli tersebut lebih encer sehingga tidak terlalu memberatkan kinerja gardan. Sedangkan untuk mobil yang beban kerjanya berat atau mobil-mobil tahun lawas dapat memilih oli single grade dengan SAE 90 atau SAE 140.

Buat kamu yang punya mobil dengan gardan yang dilengkapi fitur LSD (Limited Slip Differential) disarankan menggunakan oli gardan dengan spesifikasi khusus untuk tipe gardan LS. Contohnya merek Lucas.

Kalau kamu belum tahu, apakah gardan bawaan mobil sudah bertipe LS atau tidak, bisa dicek sendiri kok.

“Dongkrak dua roda belakang, coba putar salah satu roda, kalau roda satunya ikut berputar berarti gardannya dilengkapi LSD,”

Asal tahu saja, oli gardan untuk tipe LSD ini punya bersifat long life time. Namun tetap dicek berkala agar tetap berfungsi dengan baik.
Continue Reading | komentar (2)

Tips menambah performa mesin motor standar

23 November 2011

 Ini cara sederhana untuk menambah tenaga mesin motor yang standar menjadi tambah kenceng

1. Menambah kapasitas mesin – Kapasitas mesin lebih besar berarti lebih bertenaga, bukan berarti kapasitas kecil ga bisa kencang, orang yang bore up gila2an aja kadang masih kalah dengan yang kapasitasnya lebih kecil , Tapi mengesampingkan hal itu semua, untuk motor harian, meningkatkan kapasitas mesin lebih besar dari bawaan pabrik akan memperbaiki prestasi motor, karena kamu bisa memperoleh lebih banyak debit gas yang terbakar dalam setiap putaran mesin,  Caranya hanya ada dua : Melesakkan piston dengan diameter lebih besar, atau memanjangkan langkah ayun piston dengan menggeser big end lebih maju atau mengganti dengan pen stroker aftermarket yang umum dijual di pasaran.

2.  Meningkatkan Rasio – Rasio Kompresi yang lebih tinggi pasti memproduksi tenaga lebih, sedikit atau banyak. Semakin kamu padatkan campuran udara/bahan bakar , semakin cepat campuran ini menyembur menjadi api secara spontan, namun tentunya harus diimbangi dengan oktan bahan bakar yang pas untuk mencegah pembakaran dini. Ini jawaban kenapa mesin motor balap road-race, atau drag yang diliput di tabloid-majalah umumnya memakai bahan bakar ber oktan tinggi – karena mesin mereka memakai rasio kompresi lebih tinggi untuk mendapatkan tenaga. Lantas caranya bagaimana, ada banyak cara. Mulai dari memapas kop atau cylinder head, blok, meninggikan dome piston, atau mempersempit kubah ruang bakar hingga menyerupai bak mandi orang kaya (bathtub maksudnya) kalok yang belum tau bathtub… sama… hahahahah soalnya di rumah adanya ember. Atau bisa juga dengan menggabungkan berbagai metoda itu.

3.  Mudahkan udara mengalir masuk – Ketika piston meluncur mundur atau turun pada langkah hisap, hambatan udara dapat merampok pundi-pundi tenaga dari mesin. Hambatan udara bisa dikurangi dengan modifikasi serius, karena kesalahan bisa berakibat fatal, melakukan modifikasi pada saluran pemasukan silinder atau seringkali disebut Porting, selain memperbesar volumenya, pun harus memperhatikan geometri porting agar lebih terarah dan aliran udara menjadi lembut. Teknik lain yang mampu mengurangi hambatan secara drastis adalah konfigurasi multi klep masuk atau menempatkan 2 klep masuk dalam sebuah silinder. Dan intake manifold yang halus layaknya manifold koso yang mahal tentu sangat bagus melancarkan aliran udara/bahan bakar yang ingin masuk ke porting. membuka filter udara adalah cara yang paling mudah

4.  Lepaskan gas buang denga bebas keluar – Jika hambatan udara membuat gas keluar dari silinder, ini akan mengambil tenaga mesin. Sama seperti kita jika susah BAB, hahahha…  sama gak sih?!  Cara memperlancar gas buang gimana? Apa pasang knalpot free flow? Itu satu cara, urutan pelepasan gas buang tentu dari klep exhaust. Dengan memperbesar atau head yang memakai dua klep buang secara cepat akan mampu melepas gas sisa pembakaran dari dalam silinder. Memperbaiki porting buang, seperti kata pepatah Graham Bell ” Kalok gak seukuran 100 % diameter klep – maka belum racing namanya” hehehe… Yang halus lebih baik. Kalau perlu mengkilat seperti kaca. Kalau perlu, lho…   Jika pipa knalpot terlalu keciiilll… seperti bawaan pabrik, atau muffler memiliki banyak sekat akan membuat efek tendangan balik semakin besar. Knalpot performa tinggi memakai rangakaian pipa header yang lebih besar, dan pipa belakang yang semakin membesar, dan muffler free flow yang akan mengusir kotoran jauh-jauh dari dalam silinder. Penyakit kok dipelihara dalam perut…  Jika kamu mendengar knalpot free-flow, maka tujuan memakai knalpot itu adalah meningkatkan tenaga mesinnya.

5.  Buat semuanya ringan – Part yang lebih ringan membantu mesin bekerja lebih baik. Setiap piston berubah arah, pasti memerlukan energy untuk berhenti dan memulai ke arah yang lain. Piston yang lebih ringan mengurangi pemakaian energy ini. Mengurangi beban gesekan, mengurangi beban rotasi, semua hal ini apa yang disebut meningkatkan efisiensi mekanis.
6.  Injection – Sistem kontrol campuran bahan bakar secara elektronis melalui injector akan memberikan keakuratan tingkat tinggi pada setiap derajat langkah piston dan kepastian debit yang dibutuhkan sesuai beban mesin. Oleh karenanya teknologi ini meningkatkan performa dan pemakaian bahan-bakar yang lebih ekonomis. Jadi, mengapa mengganti injeksi dengan karburator jika ingin meningkatkan tenaga motor?
Continue Reading | komentar

Tips 5 cara supaya motor sistem injeksi selalu prima

22 November 2011

Perawatan sepeda motor yang menggunakan peranti pengabutan bahan bakar berupa injektor, sejatinya tidak jauh berbeda dengan yang menggunakan karburator. Kalau pun ada perbedaan, hanya pada bagian-bagian yang perlu mendapatkan perhatian ekstra serta interval waktu perawatan saja.
"Intinya, perawatan ini untuk menjaga agar kinerja motor dengan sistem injeksi tetap prima, dan mencegah terjadinya kerusakan di injektor,"
pemilik motor harus membersihkan injektor setiap sepeda motor telah digunakan menempuh jarak 2.000 kilometer. "Namun, ada beberapa komponen yang perlu diganti setelah motor menempuh jarak itu,"

Bila pemilik malas untuk melakukan perawatan, maka kinerja motor pun tidak akan maksimal. Boros bahan bakar.

1. Selang Saluran Bahan Bakar
 Injektor berfungsi menyemprotkan kabut bahan bakar dengan tekanan tinggi ke mesin yang takaran dan waktunya diatur oleh peranti Electronic Control Unit (ECU).

Selain berperan penting dalam menentukan proses pembakaran di ruang bakar mesin, peranti ini juga sangat menentukan boros tidaknya konsumsi bahan bakar sebuah motor. Namun, ketepatan sistem kerja itu juga tergantung komponen lain, termasuk selang dan pompa bahan bakar.

Bila selang kotor atau bocor, maka kerja injektor tidak akan maksimal. Oleh karena itu, selang wajib diperiksa setelah motor menempuh jarak 2.000 kilometer.

2. Pompa Bahan Bakar
 Bila sepeda motor telah lebih dari 50 ribu kilometer atau kelipatannya, maka sebaiknya dilakukan pemeriksaan pompa bahan bakar.

Mendeteksi gejala masalah di peranti ini cukup mudah. Caranya, hidupkan mesin motor di tempat yang tidak bising, kemudian dengarkan di bagian tangki apakah ada suara mendenging atau mendesing.

"Jika terdengar ada suara mendesing, berarti filter fuel pump terganggu," terang Zainal.

Bila hal itu terjadi, maka Anda harus membersihkannya dan sekaligus menguras tangki bahan bakar. Melalui cara itu, Anda akan mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

3. Pastikan Ketepatan Posisi Klep Injektor
 Meski waktu dan tekanan ke klep diatur oleh ECU yang telah diprogram oleh pabrikan. Namun, tak jarang posisi klep mengalami perubahan karena berbagai penyebab.

Oleh karena itu, agar kerja injektor benar-benar tepat, maka pastikan klep berada posisi yang tepat. Artinya, tidak terlalu renggang dan juga tidak terlampau rapat.

Bila terlalu renggang maka asupan bahan bakar ke peranti itu berlebih dan sebaliknya bila terlalu rapat. Akibatnya, semprotan kabut bahan bakar ke ruang bakar juga tidak ideal seperti takaran dari pabrik.

Walhasil, proses pembakaran tidak sempurna dan tenaga mesin loyo atau motor boros bahan bakar. "Orang sering tidak menyadari bahwa akar masalahnya ada di klep ini. Karena percaya telah diatur ECU,"

4. Periksa Rutin Busi dan Bersihkan Filter Udara
Busi merupakan pemantik api yang dibutuhkan saat proses pembakaran di ruang bakar. Ketepatan pantikan api dari busi dengan semburan bahan bakar yang bercampur udara di ruang bakar sangat menentukan sempurna tidaknya proses pembakaran.
Proses pembakaran yang tidak sempurna selain menjadikan bahan bakar mubazir, tenaga dari mesin pun loyo. Oleh karena itu bersihkan busi, atur ulang tingkat kerenggangan sumbu dan kutub busi.
Begitu pun dengan filter udara. Bila kotor segera bersihkan, sedangkan bila sel-sel kertas telah sangat kotor atau rusak lebih baik segera menggantinya.

Pasalnya, filter yang rusak atau kotor menjadikan hembusan udara ke ruang bakar juga terhambat. Padahal, kesempurnaan proses pembakaran di ruang bakar mesin sangat ditentukan oleh komposisi yang ideal antara udara dan bahan bakar.

5. Rawat ECU Dengan Baik
 ECU merupakan otak yang mengatur keseluruhan unit injektor, baik takaran bahan bakar yang disemprotkan maupun buka tutup klep injektor. Sehingga, bila peranti ini terganggu maka kerja injektor juga tidak akan berjalan sebagaimana mestinya. Satu di antaranya, semburan bahan bakar yang tidak sesuai dengan takaran.

Akibatnya, stasioner mesin juga tidak stabil. Bila tingkat kerusakan di ECU telah parah, maka kendaraan tidak akan bisa dijalankan alias mogok. Ada beberapa penyebab kerusakan ECU, di antaranya adalah gangguan kelistrikan karena over supply, voltase sumber kelistrikan rendah, korsleting dan lain-lain.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk secara rutin memeriksa kabel kelistrikan. Bila Anda melakukan modifikasi yang memerlukan tambahan asupan tenaga listrik, sebaiknya dipikir ulang efeknya ke sistem kelistrikan.

Pastikan keberadaan aksesoris tambahan itu tidak berpengaruh ke sistem kelistrikan dan mengganggu ECU.


Continue Reading | komentar

Tips mendeteksi kelistrikan pada mobil bekas

20 November 2011



Ketika membeli mobil bekas (mobkas), yang mesti diperhatikan tak cukup meneliti kondisi bodi dan mendengar suara mesin. Kudu diketahui juga sistem kelistrikannya, seperti di antaranya kondisi ketika sinar lampu terang saat digas, meredup kala putaran mesin turun; kemudian, ruang dipenuhi kabel-kabel.

Mobil dengan usia di atas lima tahun umumnya banyak mengalami gangguan pada sistem kelistrikan. Selain kabel sudah dimakan usia lantaran getas, kemampuannya mengalirkan arus menjadi berkurang.

Ada berbagai cara yang bisa digunakan untuk mencari tahu, apakah kelistrikan mobil—umumnya mobkas menganut 12 volt searah—masih tergolong sehat atau tidak. Dari sekian banyak cara, yang termudah dan populer adalah memakai voltmeter. Untuk yang ingin melakukan sendiri, juga bisa pakai voltmeter. Namun, sebelumnya, lakukan cara-cara di bawah ini.


  • Periksa ruang mesin bila banyak kabel tambahan yang tidak standar dan tidak rapi. Ada kemungkinan, hal ini bermasalah.
  • Perhatikan terminal positif (+) aki. Jika banyak kabel, hal itu mengindikasikan banyak aksesori tambahan yang membutuhkan listrik dan kemungkinan diambil dengan model bypass.
  • Teliti komponen kelistrikan, seperti lampu-lampu, AC, dan power window. Jika semuanya bekerja dengan baik, berarti kelistrikan masih bagus.
  • Uji ketika kondisi beban penuh, seperti menyalakan AC diikuti dengan menyalakan lampu-lampu, audio, dan lainnya; kemudian naikan putaran mesin. Jika sinar lampu, baik pada lampu utama atau di dasbor terangnya signifikan atau putaran kipas elektrik bertambah kencang, berarti ada masalah dengan pasokan listrik dari alternator.
  • Kalau masih penasaran, lakukanlah hal ini. Periksa tegangan aki saat mesin tidak hidup. Kondisi yang baik, angka di voltmeter menunjukkan 12-13 volt.
  • Untuk memeriksa alternator, hidupkan mesin dan seluruh perangkat kelistrikan, seperti lampu besar, audio, AC, dan pemanas kaca. Ukur tegangan pada aki. Alternator yang masih sehat akan menunjukkan tegangan aki yang baik, yaitu pada angka 12,8 volt.
  • Periksa tegangan pada beberapa titik yang menjadi aliran listrik positif, seperti koil, lampu-lampu, pemantik api, dan komponen lainnya. Carilah bagian yang memungkinkan Anda dapat mengecek tegangan listriknya dengan perbedaan tegangan tidak lebih dari 0,5 volt.
  • Continue Reading | komentar

    Tips supaya kopling motor tidak terasa berat


    Mengendarai motor sungguh memberikan sensasi yang berbeda ketimbang mengendarai mobil. Di sini kemampuan mengendarai memang sangat diandalkan. Apalagi jika sedang nyelap-nyelip di antara kemacetan lalu lintas.

    Walaupun demikian, mengendarai motor bukan berarti tidak ada kendala apa pun. Para pengendara dari beberapa jenis motor sport banyak yang terkilir tangan kirinya. diSebabkan karena kopling sepeda motornya terlalu keras jika ditarik. Kalau sudah begitu, apa yang harus dilakukan supaya kopling sepeda motor terasa ringan dan nyaman?

    Ada trik yang bisa dilakukan untuk memperingan kopling, yaitu dengan menambahkan sebuah alat kecil yang dinamakan tul.

    Alat ini harganya cukup terjangkau. Nantinya setut tuas kopling terletak di gir boks kanan. Dengan setut ini tuas asli bertambah panjang, sehingga bebannya menjadi lebih ringan.

    Kalau sudah dingin, kendurkan kopling di bak mesin kanan dengan menggunakan kunci pas 14. Lepaskan penahan kopling. Selipkan penggenteng kopling ke tuas setut kopling. Kemudian tekan plat penjepit peringan dengan menggunakan tang.

    Setelah itu baru pasang bautnya dan rapatkan dengan kunci pas dan ring 8. Selipkan lagi penahan kawat kopling, kemudian setel ulang kopling.
    Continue Reading | komentar

    Tips merawat rem cakram dan tromol

    19 November 2011


    Merawat rem cakram sepeda motor sebenarnya tidak begitu sulit yang dibayangkan. Saat ini hampir semua sepeda motor baru dilengkapi peranti pengereman piringan cakram atau yang sering disebut dengan disk brake. Entah itu disk brake depan dengan tromol dibagian berlakang. Atau yang double disk brake yaitu depan belakang berrem cakram.
     Ada sejumlah keunggulan yang dimiliki peranti pengereman ini. Selain memiliki daya melepaskan panas yang lebih baik dari rem tromol biasa karena bersifat terbuka. Jenis rem ini juga lebih pakem jika dibandingkan dengan rem pada biasanya.

    Namun ada beberapa masalah yang cukup mengganggu pada kinerjanya rem cakram. Misalnya adalah rem tidak pakem atau sebaliknya. kita sebagai pemilik sepeda motor yang menggunakan rem cakram / disk sangat disarankan untuk melakukan perawatan rutin untuk jenis atau sistem pengereman seperti ini.


    Ayo ikuti langkah-langkah untuk merawat disc brake motor kalian clubon.

    1. Mengganti minyak rem cakram
      Cairan ini amat sangat penting dalam kinerja rem cakram. Sebenarnya sistem pengereman ini sangat mengandalkan piston yang berada di master rem. Sementara itu master rem bertugas menggerakan kaliper untuk mencengkeram piringan cakram, di saat pengendara motor menarik tuas rem. Sedangkan ampuh tidaknya piston tersebut dalam menjalankan tugasnya tergantung pada pompa hidraulik yang bekerja mengalirkan minyak rem ke piston tersebut.

      Jika ternyata saluran minyak tersebut tersumbat, entah karena minyak kotor atau minyak telah encer karena tercemar oleh bakteri atau zat lain yang bersenyawa dengan minyak rem, maka kinerja piston juga akan terganggu. Disarankan untuk clubon, untuk mengganti minyak rem tersebut. Paling tidak setahun sekali Anda harus diganti. Paling lama dua tahun, jangan lebih dari itu bila ingin mendapatkan hasil maksimal dari daya pengereman Anda.
    2. Bersihkan Komponen Rem Cakram Anda
      Rem cakram itu bersifat terbuka dan. Sehingga ketika di jalan seringkali motor dipacu kencang dan angin berembus, dan debu tanah serta kotoran pun ikut berterbangan, dan bisa ada yang menempel pada kanvas rem, piston dan bagian-bagian lainnya. Ini yang menjadi kinerja rem cakram kita tidak akan optimal.

      Sehingga disarankan rajin membersihkan seluruh komponen disc brake dari debu yang menempel. Cara sebagai berikut
      a. Lepaskan kaliper rem dari shock breaker dan lepas kabel rem.
      b. Lepas bantalan rem dan bersihkan bagian permukaan dengan sikat kawat atau kertas ampelas. Sehingga Anda akan melihat banyak debu-debu yang berjatuhan.
      c. Gunakan kompresor udara atau semprot dengan air bertekanan tinggi untuk membersihkan sisa-sisa kotoran yang menempel, terutama di bagian-bagian yang tidak terjangkau. Kemudian keringkan, hingga tidak ada air yang tersisa. Untuk itu disarankan untuk menggunakan kompresor udara. Agar tidak perlu ada proses pengeringan.
      d. Setelah benar-benar kering kembali rakit komponen tersebut. Namun satu hal yang perlu diingat seal piston juga harus diganti secara berkala, hal itu untuk menghindari adanya kebocoran minyak. Karena kalau bocor menyebabkan kinerja piston lemah dan pengereman tidak pakem.
    3. Pastikan Kaliper masih normal
      Kaliper (kepala babi) mungkin karena bentuknya mirip hewan mamalia itu dan jarang sekali rusak. Dan kalau rusak pun karena ada kemungkinan pemasangannya yang tidak tepat atau posisinya goyah karena faktor-faktor tertentu. Peranti yang berfungsi untuk mencengkeram piringan cakram saat pengendara motor menarik tuas rem. Dan jika dalam pemasangan goyah atau bergetar, maka akan cepat aus. Karena bagian-bagian tertentu dari kaliper ini akan bergesekan terus menerus dengan piringan cakram.

      Sehingga saat motor dipacu dalam kecepatan sedang sampai tinggi, jalannya seperti ada yang mengerem padahal tidak ada yang menaik tuas rem. Kaliper akan cepat aus, begitu pula dengan cakramnya, permukaannya tidak rata lagi karena ada bagian-bagian tertentu yang terus-terusan bergesekan dengan kaliper meskipun tidak dilakukan pengereman.

      Disarankan memeriksa posisi kaliper secara rutin. Dengan caranya, putar ban depan sepeda motor. Kemudian cermati gerakkan piston, bila gerakknya masih seirama dengan piringan cakram, artinya tidak ada sentuhan atau gesekan, maka kaliper masih normal atau dalam posisi yang benar.
    Continue Reading | komentar

    Tips memperbaiki accu soak dengan mudah

    17 November 2011


    Accu memang lambat laun akan mengalami kerusakan. Penyebab kerusakan bisa bervariasi, mulai dari penggunaan yang salah hingga kerusakan alami seperti umur yang memang sudah waktunya untuk rusak. Nah, kalo aki motor anda rusak, apa yang akan anda lakukan ? membuangnya atau menjualnya ketukang loak ? cara memperbaiki accu yang soak dengan cara yang cukup mudah dan murah.
    Tetapi yang perlu digaris bawahi, cara ini tidak sepenuhnya berhasil, tingkat keberhasilannya tergantung dari kondisi accu itu sendiri. Jika kondisi element didalam aki yang sudah sangat rapuh, atau bahkan banyak yang sudah pada putus, maka kemungkinan tidak akan berhasil. Dengan cara disini, berlaku untuk accu yang kondisinya masih sedikit  bagus, masih ada element (minimal belum pada rontok), dan kerusakannya hanya tidak mau menyimpan arus listrik saja.
    Ciri accu yang tidak mau menyimpan arus listrik adalah ketika anda gunakan lampu rem atau lampu sent, nyalanya sangat redup, bahkan kadang tidak mau nyala sama sekali, apalagi untuk menghidupkan mesin menggunakan starter tangan, jelas merupakan sebuah tindakan yang sia-sia.
    langsung saja, berikut trik untuk memperbaiki accu yang soak dan tidak bisa menyimpan arus listrik:
    1. Sediakan dulu air sedikit panas (diatas hangat tetapi dibawah panas, he…)
    2. Buka semua penutup cairan accu, kemudian buang semua isinya. Hati-hati kalo bisa jangan sampai kena kulit, karena air accu tersebut bisa menyebabkan gatal yang lumayan.
    3. Setelah terkuras habis, masukan air yang sedikit panas tersebut. Isi setengahnya saja, kemudian tutup semua lubangnya kembali dengan penutup semula.
    4. Kocok-kocok accu tersebut hingga air yang ada didalamnya berubah warna menjadi hitam.
      Tujuan dari pengocokan accu tersebut adalah untuk membuang hasil sisa reaksi yang menempel di element accu dan di dasar box accu. Disamping itu, pemberian air sedikit panas tersebut berfungsi untuk menghidupkan kembali element yang sudah mati atau mati suri.
    5. Jika air yang ada didalam accu sudah terlalu hitam dan pekat, anda bisa membungnya dulu, kemudian mengulanginya lagi dari tahap 3.
    6. Ulangi terus hingga kotoran hasil reaksi yang ada didalam accu bersih (Dasar box aki terlihat tampa ada endapan)
    7. Jika dirasa sudah bersih, maka langkah terakhir, anda bisa memasukan air accu jenis Zuur.
    8. Setelah selesai, pasang accu pada motor anda. Tapi ingat, jangan langsung menggunakan untuk menstarter mesin motor anda, tetapi diamkan dulu sambil motor tersebut digunakan (buat mejeng dan jalan-jalan juga gak masalah). Hal tersebut bertujuan untuk mengisi arus listrik dulu ke aki. Gak perlu ke tukang listrik untuk mengcharge accu tersebut.
    Cara diatas berlaku untuk semua jenis accu basah, bisa accu motor, mobil (jika kuat mengocok accunya sich, atau accu-accu yang lain). Tetapi sekali lagi cara diatas tidak semuanya berhasil, kembali lagi ke kondisi accu. Tetapi walaupun tidak semua kondisi accu bisa diperbaiki, minimal anda mencobanya, kalo tidak jadi bisa anda jual ke tukang loak, kalo jadi berarti keberutungan anda, dari pada beli accu baru, lebih mahal bro harganya. Perbaikan accu dengan cara seperti ini bisa awet sampai dengan waktu 1 tahun, lumayan buat ngumpulin duit untuk beli accu yang baru
    Continue Reading | komentar (1)

    Tips Cara Pasang Pelat Kopling, Bikin Lebih Awet

    16 November 2011


    Ada yang lebih penting, yaitu saat pemasangan komponen penghantar daya ini. Yaitu mengatur posisi pasang pelat kopling terhadap kampas.

    Jika terjadi salah atur alias posisi, jangan heran bila permukaan kampas terkikis hingga menyebabkan turunnya tenaga. Lantaran bentuk lingkar luar pelat kopling berbeda, itu berisiko menggerus kampas saat kopling bekerja. Itu dapat dideteksi dengan melihat lingkar luar pelat yang satu sisinya agak bundar, sedang bagian sisi sebelahnya siku juga lebih tajam.

    Nah, jika pemasangan pelat ada yang terbalik atau susunannya sembarang, maka bagian yang siku dan tajam dengan mudah memangkas permukaan kampas. Terlebih jika bagian itu berhadapan dan saat kopling dalam posisi bebas. Tidak ayal pelat berputar di antara kampas kopling ikut pula mengkikis.

    Mau arahnya semua ke dalam atau keluar sama atau bisa saja. Yang gak boleh itu, bagian yang siku dan tajam atau bundar tidak boleh saling berhadapan satu sama lain. Misal, urutan pemasangan pertama adalah kampas dimasukkan ke rumah kopling.

    Lanjut diikuti penataan pelat yang bagian lingkar luarnya siku dan tajam arahnya ke dalam. Nah, lakukan hal yang sama sampai semua tersusun seperti sedia kala.
    Continue Reading | komentar

    Tips merawat kampas kopling tetap awet

    15 November 2011


    Kampas kopling ingin tetap awet dan tahan lama, anda harus mempunyai etika dalam menggunakan dan merawat kendaraan anda. Kampas kopling kendaraan anda sebenarnya bisa hingga 4 tahun atau lebih. sebuah umur yang cukup lama untuk sebuah barang harus bekerja yang terus-menerus pada kendaraan anda.
    Merawat kampas kopling biar tetap awet adalah kita harus memperhatikan cara mengemudikan kendaraan yang kita gunakan dengan benar. inilah cara merawat kampas kopling biar tetap awet :

    1. pertama kita jangan menekan pedal setengah kopling karena beban yang diterima kampas besar, sehingga mengikis permukaan kampas kopling dan mengakibatkan cepat aus. contohnya adalah dengan menggunakan setengah kopling pada saat berhenti di lampu merah dalam keadaan menanjak sebaiknya gunakan rem tangan dan netralkan persneling/transmisi.
    2. Lakukan perpindahan transmisi sehalus mungkin, misalnya pada saat pindah gigi naik ( dari gigi 1 ke gigi 2 dst ) ataupun pada saat menurunkan gigi ( dari gigi 6 ke gigi 5 dst )
    3. Gunakan transmisi sesuai dengan kecepatan kendaraan yang tercantum pada buku service manual, jangan menggunakan gigi tinggi pada kecepatan rendah, contohnya adalah pengemudi menggunakan gigi 3 dengan kecepatan hanya 30km/jam.
    sekian tips dari saya..
    Continue Reading | komentar

    Tips service karburator mobil and motor

    14 November 2011


    saya service karburator sendiri di rumah dengan gaya unik,(kaya mau memasak aje) ini gaya saya service sendiri karburator dirumah, tapi gaya ini manjur lo dan bisa hemat lagi tidak usah pergi ke bengkel yang akan mengeluarkan biaya mahal.coba baca snediri :

    karburator kita lepas dari mesin mobil,
    kemudian dibongkar pake obeng kembang,
    pisahin material almunium, kuningan (spuyer), plastik, dan karet.
    masukan material logam (almunium n' kuningan)
    kedalam panci berisi air yang banyaknya....(pokonya pecahan bagian2
    karburator mesti kerendem air didalam panci) yang sudah dicampur
    dengan bubuk detergent secukupnya.
    kemudian direbus sampe mendidih kira2 30menit.
    maka kotoran2 didalam karburator tersebut akan terangkat ke permukaan.
    dan air panci akan berubah jadi warna coklat

    setelah 30 menit, angkat karburator dari panci kemudian tiriskan.
    proses pendinginan tidak boleh diguyur air,
    tapi dibiarkan saja sampe dingin.
    setelah dingin cuci karburator dengan air dingin untuk menghilangkan
    sisa2 detergent yang nempel.
    kemudian jemur atau apalah yang bisa menghilangkan
    butir2 air di karburator.

    rakit kembali karburator sebagaimana asalnya
    selamat mencoba ya......
    Continue Reading | komentar

    Tips cara kuras radiator mobil

    12 November 2011


    Cara ke 1 membersihkan radiator mobil.
    1. Dalam kondisi mesin dingin, buang air radiator dengan membuka lubang pembuangan di bagian bawah radiator.
    2. Tuangkan satu botol Master Radiator Super Flush, lalu isi radiator dengan air bersih sampai penuh dan biarkan mulut radiator tetap terbuka.
    3. Hidupkan mesin. Bila air radiator berkurang, isi hingga penuh lalu tekan pedal gas untuk mempercepat sirkulasi air dalam radiator. Biarkan mesin hidup selama 10 - 15 menit (rpm 1.000 - 1.500).
    4. Matikan mesin. Lakukan langkah nomor 1 dan tunggu hingga air tidak keluar lagi. Air yang keluar akan berwarna keruh atau kecoklatan. Kemudian lakukan pembilasan dengan menyambungkan selang air pada mulut radiator dengan keran air. Hidupkan mesin dan biarkan air mengalir sampai bersih. Setelah bersih, tutup lubang pembuangan.

    Cara yang ke 2 ini cara yang paling mudah: 
    1.Pertama-tama kita isi radiator dengan air bersih lalu masukan serbuk deterjen secukupnya dan tutup kembali lalu kita hidupkan mesin dan tekan pedal gas untuk mempercepat sirkulasi air dalam radiator dan biarkan mesin hidup selama 10-15 menit (rpm 1.000 - 1.500).
    2. Buang air radiator tadi dan ganti dengan air yang bersih kembali dan ikuti lagi langkah ke 1, terus lakukan langkah ke 1 sampai terlihat air dari radiator tidak keruh ( air tidak kotor ).
    3. sesudah bersih, masukan  lagi air ledeng terus hidupkan mesin selama 5 menit, karena ini untuk membersihkan busa-busa bekas deterjen tadi dan lakukan berkali-kali hingga airnya tidak terlihat berbusa lagi.
    catatan : serbuk deterjen akan mengangkat kotoran-kotoran dari dalam radiator dan mesin menjadi bersih.

    selamat mencoba..
    Continue Reading | komentar (4)

    Tips merawat mesin mobil

    11 November 2011


    Untuk yang paling penting dalam sebuah mobil adalah mesin. tapi sebagian orang tidak begitu patuh terhadap perawatan mesin mobil padahal mesin bagian no 1 untuk sebuah kendaraan,perawatan mesin tidak harus di bengkel saja di rumahpun bisa.coba praktekan tips perawatan mesin mobil ini,karena ini akan membantu anda untuk menghemat biaya untuk tidak datang ke bengkel terus.

    Penggantian Oli Secara Teratur
    Ini merupakan aspek paling penting dari tips merawat mesin mobil. Karena oli mesin berfungsi melumasi komponen-komponen pada mesin sehingga menurunkan tingkat gesekan antar komponen dan menjaga mesin dari overheating serta filter tetap bersih.
    Tangki bensin.
    Bagian ini vital sekali. Jika kurang perawatan akhirnya kuras tangki karena karat. Apalagi sekarang kendaraan bermesin injeksi , suatu hari cepat atau lambat Anda akan disusahkan dengan karat atau kerak bahan bakar, alhasil mobil Anda tersendat-sendat setiap akselerasi. Tips perawatan mesin mobil untuk bagian Tangki Bensin seperti berikut :
    • Jangan biarkan bensin terlalu lama dalam kondisi low. Karena dinding tangki akan penuh karat hanya dalam 1 malam saja.
    • Jika bensin di meteran tinggal 1/2 , lebih baik segera diisi. Sepintas memang terkesan boros, tetapi apa salahnya jika untuk menjaga peforma mobil agar tetap dalam kondisi bagus.
    Selalu periksa keadaan radiator
    Radiator pada mobil berfungsi untuk menjaga suhu mesin selalu stabil. Sehingga radiator merupakan bagian yang berfungsi menjaga mesin agar tidak cepat panas. Selalu sempatkan waktu Anda untuk memeriksa radiator Anda, meliputi periksa kebocoran, penggantian air, sehingga menjaga performa radiator Anda. Idealnya adalah setiap 10.000 km
    Periksa Timing Belt
    Timing belt merupakan sabuk yang berfungsi untuk menjaga putaran roda-roda gigi yang terhubung dengan mesin. Jika timing belt rusak atau kondisinya kurang baik akan ditandai dengan suara dengung bising ketika mesin dinyalakan. Lakukan pengecekan rutin terhadap timing belt ini untuk menghindari terputusnya timing belt
    Lakukan tune up secara rutin
    Tune up rutin ke bengkel-bengkel akan membuat mesin tetap awet. Karena saat Anda melakukan proses tune up, bagian vital dari mobil, seperti busi, filter bahan bakar, dan oli akan diperiksa dan juga dibersihkan.
    Perhatikan Tips Perawatan Mesin Mobil yang satu ini, jika mesin overhead yang biasanya disebabkan karena radiator bocor atau mungkin sistem pendingin mesin yang tidak bekerja optimal atau rusak. Tips untuk mengatasinya :
    • Bukalah penutup mesin mobil Anda dan putuskan kabel penghubung kondensor AC.
    • Kabel kondensor AC yang telah terputus bisa Anda hubungkan dengan kabel kondensor mesin.
    • Saat segalanya terpasang, maka Anda jangan lupa untuk melepas magnit kompresor. Kabel ini biasanya terletak tak jauh dari kompesor ac.
    • Setelah semuanya selesai dihubungkan, maka Anda tinggal menyalakan mesin berikut ac.
    Pada dasarnya tips ini bekerja dengan prinsip kendaraan Anda dapat bergerak kembali dengan sistem pendingin yang berasal dari kondensor AC. Sehingga resikonya saat kendaraan Anda dapat bergerak menuju bengkel terdekat, Anda tak dapat menikmati sejuknya AC selama dalam perjalanan.
    Continue Reading | komentar (1)

    Tombol

    Popular Posts Today

    World News

    Entertainment

    Enter your email address:

    Delivered by FeedBurner

    Sport

     
    Support :
    Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
    Proudly powered by Blogger