Home » » Tips memperbaiki accu soak dengan mudah

Tips memperbaiki accu soak dengan mudah


Accu memang lambat laun akan mengalami kerusakan. Penyebab kerusakan bisa bervariasi, mulai dari penggunaan yang salah hingga kerusakan alami seperti umur yang memang sudah waktunya untuk rusak. Nah, kalo aki motor anda rusak, apa yang akan anda lakukan ? membuangnya atau menjualnya ketukang loak ? cara memperbaiki accu yang soak dengan cara yang cukup mudah dan murah.
Tetapi yang perlu digaris bawahi, cara ini tidak sepenuhnya berhasil, tingkat keberhasilannya tergantung dari kondisi accu itu sendiri. Jika kondisi element didalam aki yang sudah sangat rapuh, atau bahkan banyak yang sudah pada putus, maka kemungkinan tidak akan berhasil. Dengan cara disini, berlaku untuk accu yang kondisinya masih sedikit  bagus, masih ada element (minimal belum pada rontok), dan kerusakannya hanya tidak mau menyimpan arus listrik saja.
Ciri accu yang tidak mau menyimpan arus listrik adalah ketika anda gunakan lampu rem atau lampu sent, nyalanya sangat redup, bahkan kadang tidak mau nyala sama sekali, apalagi untuk menghidupkan mesin menggunakan starter tangan, jelas merupakan sebuah tindakan yang sia-sia.
langsung saja, berikut trik untuk memperbaiki accu yang soak dan tidak bisa menyimpan arus listrik:
  1. Sediakan dulu air sedikit panas (diatas hangat tetapi dibawah panas, he…)
  2. Buka semua penutup cairan accu, kemudian buang semua isinya. Hati-hati kalo bisa jangan sampai kena kulit, karena air accu tersebut bisa menyebabkan gatal yang lumayan.
  3. Setelah terkuras habis, masukan air yang sedikit panas tersebut. Isi setengahnya saja, kemudian tutup semua lubangnya kembali dengan penutup semula.
  4. Kocok-kocok accu tersebut hingga air yang ada didalamnya berubah warna menjadi hitam.
    Tujuan dari pengocokan accu tersebut adalah untuk membuang hasil sisa reaksi yang menempel di element accu dan di dasar box accu. Disamping itu, pemberian air sedikit panas tersebut berfungsi untuk menghidupkan kembali element yang sudah mati atau mati suri.
  5. Jika air yang ada didalam accu sudah terlalu hitam dan pekat, anda bisa membungnya dulu, kemudian mengulanginya lagi dari tahap 3.
  6. Ulangi terus hingga kotoran hasil reaksi yang ada didalam accu bersih (Dasar box aki terlihat tampa ada endapan)
  7. Jika dirasa sudah bersih, maka langkah terakhir, anda bisa memasukan air accu jenis Zuur.
  8. Setelah selesai, pasang accu pada motor anda. Tapi ingat, jangan langsung menggunakan untuk menstarter mesin motor anda, tetapi diamkan dulu sambil motor tersebut digunakan (buat mejeng dan jalan-jalan juga gak masalah). Hal tersebut bertujuan untuk mengisi arus listrik dulu ke aki. Gak perlu ke tukang listrik untuk mengcharge accu tersebut.
Cara diatas berlaku untuk semua jenis accu basah, bisa accu motor, mobil (jika kuat mengocok accunya sich, atau accu-accu yang lain). Tetapi sekali lagi cara diatas tidak semuanya berhasil, kembali lagi ke kondisi accu. Tetapi walaupun tidak semua kondisi accu bisa diperbaiki, minimal anda mencobanya, kalo tidak jadi bisa anda jual ke tukang loak, kalo jadi berarti keberutungan anda, dari pada beli accu baru, lebih mahal bro harganya. Perbaikan accu dengan cara seperti ini bisa awet sampai dengan waktu 1 tahun, lumayan buat ngumpulin duit untuk beli accu yang baru
Share this article :

1 komentar:

obat pelangsing manjur dan cepat mengatakan...

thanks sheringnya,bermanfaat

Posting Komentar

 
Support :
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger