Home » » Tips merawat mesin mobil

Tips merawat mesin mobil


Untuk yang paling penting dalam sebuah mobil adalah mesin. tapi sebagian orang tidak begitu patuh terhadap perawatan mesin mobil padahal mesin bagian no 1 untuk sebuah kendaraan,perawatan mesin tidak harus di bengkel saja di rumahpun bisa.coba praktekan tips perawatan mesin mobil ini,karena ini akan membantu anda untuk menghemat biaya untuk tidak datang ke bengkel terus.

Penggantian Oli Secara Teratur
Ini merupakan aspek paling penting dari tips merawat mesin mobil. Karena oli mesin berfungsi melumasi komponen-komponen pada mesin sehingga menurunkan tingkat gesekan antar komponen dan menjaga mesin dari overheating serta filter tetap bersih.
Tangki bensin.
Bagian ini vital sekali. Jika kurang perawatan akhirnya kuras tangki karena karat. Apalagi sekarang kendaraan bermesin injeksi , suatu hari cepat atau lambat Anda akan disusahkan dengan karat atau kerak bahan bakar, alhasil mobil Anda tersendat-sendat setiap akselerasi. Tips perawatan mesin mobil untuk bagian Tangki Bensin seperti berikut :
  • Jangan biarkan bensin terlalu lama dalam kondisi low. Karena dinding tangki akan penuh karat hanya dalam 1 malam saja.
  • Jika bensin di meteran tinggal 1/2 , lebih baik segera diisi. Sepintas memang terkesan boros, tetapi apa salahnya jika untuk menjaga peforma mobil agar tetap dalam kondisi bagus.
Selalu periksa keadaan radiator
Radiator pada mobil berfungsi untuk menjaga suhu mesin selalu stabil. Sehingga radiator merupakan bagian yang berfungsi menjaga mesin agar tidak cepat panas. Selalu sempatkan waktu Anda untuk memeriksa radiator Anda, meliputi periksa kebocoran, penggantian air, sehingga menjaga performa radiator Anda. Idealnya adalah setiap 10.000 km
Periksa Timing Belt
Timing belt merupakan sabuk yang berfungsi untuk menjaga putaran roda-roda gigi yang terhubung dengan mesin. Jika timing belt rusak atau kondisinya kurang baik akan ditandai dengan suara dengung bising ketika mesin dinyalakan. Lakukan pengecekan rutin terhadap timing belt ini untuk menghindari terputusnya timing belt
Lakukan tune up secara rutin
Tune up rutin ke bengkel-bengkel akan membuat mesin tetap awet. Karena saat Anda melakukan proses tune up, bagian vital dari mobil, seperti busi, filter bahan bakar, dan oli akan diperiksa dan juga dibersihkan.
Perhatikan Tips Perawatan Mesin Mobil yang satu ini, jika mesin overhead yang biasanya disebabkan karena radiator bocor atau mungkin sistem pendingin mesin yang tidak bekerja optimal atau rusak. Tips untuk mengatasinya :
  • Bukalah penutup mesin mobil Anda dan putuskan kabel penghubung kondensor AC.
  • Kabel kondensor AC yang telah terputus bisa Anda hubungkan dengan kabel kondensor mesin.
  • Saat segalanya terpasang, maka Anda jangan lupa untuk melepas magnit kompresor. Kabel ini biasanya terletak tak jauh dari kompesor ac.
  • Setelah semuanya selesai dihubungkan, maka Anda tinggal menyalakan mesin berikut ac.
Pada dasarnya tips ini bekerja dengan prinsip kendaraan Anda dapat bergerak kembali dengan sistem pendingin yang berasal dari kondensor AC. Sehingga resikonya saat kendaraan Anda dapat bergerak menuju bengkel terdekat, Anda tak dapat menikmati sejuknya AC selama dalam perjalanan.
Share this article :

1 komentar:

Posting Komentar

 
Support :
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger