Home » » Tips Merawat Ban Motor

Tips Merawat Ban Motor


Ban motor yang normal dan jauh dari permasalahan pasti sebagai pengendara mempunyai kepuasaan tersendiri, bayangkan jika anda mengendarai sepeda motor dengan kondisi ban yang licin, atau ban motor anda sudah benjol-benjol sana-sini, pasti yang ada selama perjalanan rasa was-was akan keselamatan hingga sampai ditujuan, maka dari itu perawatan ban perlu kita lakukan karena ban memegang peranan vital pada sepeda motor.. merawat ban dengan baik dan benar selain sebagai penghematan, merawat ban dengan benar juga dapat menjaga keselamatan pengendara maupun penumpangnya.
Tekanan udara ban yang tak tepat sangat mempengaruhi keseimbangan dan stabilitas laju sepeda motor. Baca buku petunjuk manual tekanan ban Anda. Tekanan ban yang tidak seimbang akan mengakibatkan keretakan pada ban dan terlepasnya lapisan ban yang diakibatkan oleh panas. Jangan pernah memakai ban lain kecuali yang ditetapkan oleh pabrikan sepeda motor karena fungsi ban yang sangat vital, pengendara sepeda motor perlu mengetahui penyebab kerusakannya seperti: ban bocor, ban aus secara abnormal (aus terjadi pada bagian tertentu saja), ban berputar tak teratur yang terjadi pada motor anda, diantaranya adalah :

a. Selain tekanan udara ban, cara pengereman disaat anda ingin berhenti juga mesti diperhatikan, jangan mengerem sembarangan karena dapat bisa mempercepat usia ban motor Anda. Terlebih lagi jika Anda sering melakukan pengereman mendadak saat dalam kecepatan tinggi. Ban yang sering di rem kemungkinan pendek umurnya lebih cepat.
b. jarak tempuh, suhu dan cuaca juga mempengaruhi keawetan ban. Kondisi jalan yang panas pada musim kemarau menyebabkan usia ban bertambah lebih pendek dibandingkan musim hujan. Selain itu cara mengemudi dari pengendara juga bisa mempengaruhi keawetan ban tersebut. Cara memulai jalan yang mendadak dan pengereman mendadak, berpengaruh besar dengan keawetan ban.
c. Perhatikan Velg dan Shock Absorber motor. Kondisi velg dan shock yang tidak baik bisa sangat berpengaruh bagi kondisi ban. Pastikan dua komponen ini dalam kondisi yang baik dan kondisi yang vertikal.
Share this article :

1 komentar:

Bokep SMU mengatakan...

thanks ya mas udah sharing :)

Posting Komentar

 
Support :
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger