> Cek Kondisi Oli
Oli mesin ini sangat penting peranannya untuk melumas
komponen-komponen mesin, seperti setang seher, seher, dan ring seher,
kruk as serta noken as atau setang klep. maka dari itu, jika
keberadaan minyak pelumas sudah berwarna kehitam-hitaman atau kelenturan
daya lumasnya berkurang, maka sebaiknya diganti.
> Cek Kondisi Aki
Jangan biarkan air accu melewati batas maksimum dan
minimum yang akibatnya bisa mempercepat kerusakan pada sel-sel accu.
Tambahkan air aki pada pagi hari
Selain itu, jika baterai atau accu tersebut sudah
melemah secepatnya diganti, sebab jika dipaksakan selain kedua kutub
positif dan negatif akan mengeluarkan korosi (serbuk putih), korosi
tersebut akan menjalar ke bagian kabel-kabel utama yang menghubungkan
arus listrik ke saluran lampu, dinamo, atau bagian-bagian lainnya.
maka dari itu, jika terjadi hal itu arus listrik
yang dihantarkan baterei atau accu tidak sempurna dan bisa menyebabkan
kerusakan pada komponen dinamo, kontak mesin maupun switch lampu. Satu
hal yang perlu diperhatikan, jika accu sudah lemah atau tidak mampu di
starter, jangan dipaksakan dengan mendorong sepeda motor untuk
menghidupkannya. Sebab, bisa merusak gigi transmisi.
> Periksa Rantai dan Gir
Jangan biarkan rantai terlalu kendor, atau terlalu
kencang. Terlalu kendor bisa membuat rantai copot dari girnya, sementara
terlalu kencang bisa mengakibatkan putus rantai. Cek juga kondisi gir,
jika sudah tajam segera ganti karena jika tidak rantai bisa tiba-tiba
putus. Bahaya kan, kalau lagi ngebut tiba-tiba putus rantai?
> Periksa Kabel Koil dan Busi
Perhatikan keberadaan kabel koil yang menghubungkan
arus listrik ke busi. Jika sudah cukup umur dan sudah terlihat ada
retakan dan pengerasan pada kabel tersebut, maka sebaiknya diganti. Juga
perhatikan keberadaan busi karena busi sangat vital untuk kelancaran
satu mesin kendaraan.
> Perhatikan Selang Bensin
Komponen lainnya yang perlu diperhatikan selang
bensin ke karburator. Jangan membiarkan kondisi selang bensin mengeras
atau terjadi retakan-retakan, karena bagian dalam selang bisa jadi sudah
tidak elastis yang mengakibatkan serbuk kotoran yang berasal dari
selang terbawa ke karburator. Yang pada akhirnya akan terjadi
penyumbatan suplai bensin dari tanki ke karburator sehingga mengganggu
sistem pembakaran.
> Panaskan Mesin Paling Lama 2 Menit
Panaskan mesin sebelum motor dijalankan, tak perlu
lama-lama cukup 1-2 menit. Ini supaya sirkulasi oli bisa melumasi
seluruh bagian dalam mesin yang bergerak. Jangan terlalu lama
memanaskan, karena akan membuat pipa knalpot menguning selain itu
pastinya jadi buang-buang bensin.
> Periksa Tekanan Angin Ban
Jangan terlalu keras dan juga jangan kurang karena bisa berakibat kembang ban motor rusak.
> Gunakan Sparepart Asli
Lebih baik mahal sedikit, tapi puas dan tahan lama
daripada memakai yang tidak asli, meski murah tapi daya tahan kurang.
selama merawat motor. Jika langkah-langkah tersebut dilakukan dengan
benar, motor kesayangan Anda senantiasa tampil prima.
1 komentar:
hal yang sederhana tapi penting untuk kita ingat . . .!!!!
Posting Komentar