23 January 2012

Khasiat Cengkeh untuk Obat tradisional


Cengkeh adalah tanaman asli indonesia yang banyak digunakan sebagai bumbu masakan di negara-negara eropa serta sebagai bahan utama rokok kretek khas indonesia.Cengkeh juga mempunyai khasiat dan manfaat untuk kesehatan.
Tanaman cengkeh dapat tumbuh dengan baik di daerah beriklim tropis.
Minyak cengkeh banyak di manfaatkan oleh dokter gigi sebagai penghilang rasa sakit.Selain itu, tanaman ini juga digunakan dalam industri farmasi, penyedap masakan, dan wewangian.
Berikut beberapa Khasiat Cengkeh untuk Obat tradisional mengatasi berbagai penyakit.
1. Menghitamkan alis mata
Cara membuat dan menggunakan :
5-7 buah cengkeh kering dibakar sampai hangus, kemudian di tumbuk sampai halus dan di tambah minyak kemiri secukupnya, oleskan pada alis mata pada sore hari.
2. Mengobati Campak
Cara membuat dan menggunakan :
10 biji bunga cengkeh di rendam  air masak semalam kemudian di tambah dengan gula batu dan di aduk sampai merata lalu di minum sedikit demi sedikit secara teratur.
3. Menambah Denyut Jantung
Cara membuat dan menggunakan :
Bunga cengkeh yang sudah kering di kunyah lalu di serap airnya dan harus di lakukan setiap hari, karena minyak cengkeh dapat memperkuat lendir usus dan lambung serta menambah jumlah darah putih.
4. Mengatasi sakit gigi
Cara membuat dan menggunakan :
Gigi yang berlubang di sumbat dengan kapas yang telah di teteskan dengan minyak cengkeh atau :
10 butir cengkeh di sangrai sampai halus lalu di giling halus dan di masukan pada lubang gigi secukutpnya lalu di tutup dengan kapas dan lakukan 2x sehari
5. Menghilangkan bau mulut
Cara membuat dan menggunakan :
10 butir cengkeh dicuci lalu diseduh dengan 200 cc  air panas, diamkan selama 5 menit kemudian di saring dan airnya di pakai untuk kumur-kumur, lakukan setiap hari secara rutin.
6. Mengatasi Sinusitis
Cara membuat dan menggunakan :
Cengkeh secukupnya di keringkan lalu di giling sampai menjadi bubuk kemudian di tiupkan ke hidung dengan menggunakan sedotan dengan ukuran secukupnya.
7. Sebagai obat mual
Cara membuat dan menggunakan :
10 butir cengkeh,20 gr asam jawa dan gula aren secukupnya, direbus dengan 400 cc air sampai tersisa 200 cc kemudian ramuan di saring dan di minum selagi hangat 2x sehari, setiap sekali minum 100 cc.
8. Mengatasi kembung 
Cara membuat dan menggunakan :
10 butir cengkeh diseduh dengan air panas lalu diminum sebagai teh, atau :
5 sampai 10 butir cengkeh dimasukan pada buah pir yang di lubangi terus dibungkus dengan aluminium foil lalu dibakar hingga matang, setelah matang cengkehnya di buang dan buah pirnya dimakan.
9. Obat masuk angin
Cara membuat dan menggunakan :
10 tetes minyak cengkeh diseduh dengan 50 cc air panas tambahkan madu secukupnya kemudian diaduk sampai merata lalu diminum selagi hangat dan lakukan 2 sampai 3 kali sehari.
10. Obat sakit kepala
Cara membuat dan menggunakan :
5 butir cengkeh, 5 gr kayu manis, 5 gr biji pala, 5 butir merica semua  dihaluskan hingga menjadi bubuk lalu diseduh dengan 100 cc air panas kemudian diminum
11. Mengatasi radang lambung
Cara membuat dan menggunakan :
5 butir cengkeh, 5 gr kayu manis, 5 gr biji pala, 5 butir kapulaga, 15 kulit jeruk mandarin, 150 gr lobak, labu parang secukupnya semua direbus dengan 1000 cc air panas kemudian diminum.
12. Obat batuk
Cara membuat dan menggunakan :
10 butir cengkeh, 10 lembar daun sirih, 5 lembar daun tapak liman, 3 butir kapulaga, 2 jari kayu manis, gula aren secukupnya semua direbus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc disaring lalu diminum 2x sehari, setiap kali minum 200 cc.
13. Mengatasi infeksi pernapasan
Percaya atau tidak, teh yang mengandung cengkeh dapat membantu Anda mengatasi infeksi pernapasan. “Cengkeh bekerja sebagai ekspektoran, melonggarkan lendir di tenggorokan dan kerongkongan,” ujar Neil Schachter, MD, seorang profesor dari Mount Sinai School of Medicine di New York City.
Untuk mendapatkan hasil maksimal, Dr Schachter pun memberikan cara penyajiannya: campurkan 2 batang cengkeh, selembar kayu manis, dan 2 biji kapulaga, lalu dihancurkan. Setelah itu, tempatkan dalam sebuah cangkir, tambahkan air mendidih, dan biarkan selama 1-2 menit.
14. Pewangi pakaian alami
Siapa yang sangka ternyata cengkeh juga bisa dimanfaatkan sebagai aroma pewangi pada pakaian. Taruhlah beberapa batang cengkeh ke dalam lemari pakaian Anda. Aroma cengkeh yang pedas akan menutupi bau tak sedap dan menjaga barang-barang Anda tetap segar. Untuk menjaga agar aroma tetap terjaga, Anda bisa menggantinya setiap 2-4 minggu sekali.
15. Mengatasi noda jerawat
Cornelia Zicu, seorang staf dari Elizabeth Arden Red Door Spas, mengatakan, cengkeh dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan noda bekas jerawat berkat kadungan senyawa euganol (antiseptik alami yang menyeimbangkan kulit), serta mencegah timbulnya jerawat.
Cara penggunaannya: campurkan 1 sendok teh cengkeh tanah, 1 sendok teh madu, dan 3 tetes jus lemon segar dalam mangkuk kecil. Setelah itu, oleskan ke seluruh wajah Anda dan biarkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air dingin untuk mendapatkan hasil terbaik.
16. Pembersih yang ramah lingkungan
Untuk membersihkan dinding kamar mandi tak selalu harus menggunakan sabun atau bahan kimia lainnya. Sekarang Anda bisa menggunakan cengkeh sebagai gantinya. “Cengkeh bekerja sebagai antiseptik alami. Minyak cengkeh dapat mengurangi jamur atau bakteri yang ada pada perabotan rumah tangga dan mencegah kuman datang kembali,” kata Sara Snow, seorang ahli eco-cleaner dan penulis buku.
Cara penggunaannya: tambahkan sejumput minyak cengkeh (sekitar 1/2 sendok teh) untuk 2 cangkir air dan tuangkan ke dalam sebuah botol semprot yang kosong. Lalu semprotkan pada tempat-tempat yang rentan terpapar kuman atau bakteri, seperti dinding kamar mandi.
Di lihat dari cara memanfaatkan cengkeh, secara ilmiah cengkeh juga dapat bermanfaat untuk pengobatan sakit gigi, demam, penolak nyamuk dll. Namun jangan salah cengkeh memiliki efek samping bagi pencernaan, untuk itu cengkeh tidak bisa di konsumsi bagi orang yang menderita penyakit maag.

catatan : semua bunga cengkeh harus di keringkan dulu.

0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts

Puisi Cinta

bila cinta adalah nafas
aku ingin hidup selamanya

bila cinta adalah keindahan
aku ingin slalu memandangmu selamanya

bila cinta adalah luka
aku takkan pernah peduli betapa sakitnya

aku ingin terus mencintaimu
tak pernah peduli seberapapun pahitnya perjalanan mendapatkanmu

bila cinta adalah air mata
aku akan tetap tersenyum
agar kamu tahu betapa
aku begitu tulus menyayangimu…..

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons